Monday, February 4, 2013

Sweetest Thing in January: Suddenly Middle East (Part 1)

Kenapa 'suddenly' lagi judulnya?

Karena memang tiba-tiba. Tiba-tiba dikasih-Nya jalan dan kemudahan. Meski, tiba-tiba kurang dari sebulan mesti urus ini itu. Usaha agak lebih, ya pas ngantri buat vaksin meningitis di Halim Perdanakusuma. Itupun dapat pertolongan lagi, karena yang jaga tetangga, dapet gratis lah saya. Trus surat cuti yang lumayan lowong dapetnya, dan dikasih bonus 1 hari sama kepegawaian. Hamdallah...

Jadi, berangkatlah saya tanggal 22 Januari itu. Sendirian. Eh, nggak deng, banyak barengan jamaah lain. Beberapa kenal orang tua saya karena saya pake Ummul Quro Depok yang memang sudah familiar dengan keluarga saya. Hamdallah lagi...

Ngejalanin semuanya lempeng aja. Apa ya? Semacem pengen ngomong: "ayo, ayo... come what may lah". Belajar untuk yakin sama keputusan-Nya yang manggil saya sejauh ribuan kilometer itu. Banyak pertanyaan dan nggak sedikit pula harapan yang terkadang menginginkan jawaban.

Perjalanan hampir 8 jam naik Emirates dan transit di Dubai lalu dilanjutkan Dubai-Madinah sekitar 3 jam. Sampai Madinah sudah dekat Subuh. Kami menginap di Hotel Dallah Taibah yang tinggal ngesot ke Masjid Nabawi. Setelah pembagian kamar, saya dan roommate yang dapat kamar 418 meletakkan barang-barang dan ngacir ke masjid Nabawi. Subuh pertama di Arab. Yuuukkk... Lancar? Sekilas sih gitu.

Bandara Internasional di Madinah
Faktanya.... sampai kamar, saya menyalakan lampu dan yang terdengar adalah ledakan! Okay, saya bikin konslet aja gitu. Ah, ya udahlah... karena kebelet pipis, saya pun pake penerangan dari lampu power-bank sementara roommate saya menelepon petugas hotel untuk membetulkan lampu. Selesai taro-taro barang nggak penting, dengan tanpa tanggung jawabnya dan buru-buru karena sudah mendengar bunyi adzan, kami ngabur ke masjid.

Segini lah jarak dari hotel ke masjid di depan tuh
Ya kalo jadi anak bandel, beginilah akibatnya: karena saya asal-asalan, belum sortir barang-barang, makanya begitu sampai di pintu Nabawi, diteriakin aja gitu nggak boleh masuk masjid sama penjaganya karena saya kedapatan membawa kamera. "Astaghfirullah ukhti..., la, la, la..." (tiba-tiba merasa kayak pencuri masuk masjid, untung masih jet lag jadi gak gitu sensitif hatinya).

Duh... masa balik lagi ke hotel sih? Bentar lagi mulai jamaah subuhnya kan. Dan, akhirnya, itu kamera saya masukkan ke kaos kaki dan saya masuk lewat pintu lain. Selamaaaatttt..... Tapi, bener aja dong, itu masjid udah penuuuuhhhh bangeeettt dan saya terpaksa sholat dengan posisi tak mengenakkan  masih dengan kamera di kaki dan posisi nyempil.

Selesai sholat subuh lalu bingung, kenapa deh ini orang-orang pada berdiri lagi? Ternyata, oh ternyata... pada mau sholat jenazah. Jadi ya, hampir setiap selesai sholat fardhu, ada aja jenazah yang harus di-sholatkan. Gimana nggak inget mati ya di tempat ini? Udah makam-nya Rasul di situ, tiap hari juga ada sholat jenazah. 

Ok! Lanjut! Keluar masjid, baru nyadar kalau saya emang baru aja sholat di masjid terbesar kedua di dunia. Itu payung-payung yang tadinya nutup di halaman masjid pun mulai kebuka. Subhanallah, cakeeeepppp.... keren dan canggih gitu.

Payung raksasa-nya mulai kebuka. Baguuuussss
Balik ke hotel ah! Alhamdulillah ya, lampu udah beres. Gantian lah kami yang beres-beres. Katanya jam 8 harus udah siap di lobby hotel. Ngapain? City tour Madinah. Yuhuuu...

No comments: