Tuesday, December 19, 2017

Rasa Hati yang Kuat (bag. 2: Apakah Hamil Bikin Bodoh?)

Nggak banyak cerita saya soal kehamilan. Karena HPHT saya 23 November 2016 jadi HPL nya akhir Agustus. Nampaknya sih kehamilan saya biasa-biasa saja seperti perempuan lain pada umumnya. Kebetulan jatah mabok saya ya lumayan full 9 bulan. Trus karena saya nggak begitu napsuan sama makanan dan maunya makan soto terus atau makan masakan ibu jadilah di awal hamil malah turun BB 4kg. BB baru naik di bulan kelima, itu pun tidak signifikan. Hahahaha....

Nah, akhirnya saya jadi bertanya-tanya: apaan sih ngidam? Saya nggak pengen apa-apa kok, kenapa orang hamil lain bisa sampai punya keinginan ajaib-ajaib. Yaaa karena saya tipe mikirin apapun, akhirnya saya tiba pada kesimpulan: iya sih nih ya hamil gue nih hamil yang susah makan, cenderung mual sepanjang hamil jadi kadang-kadang mikir dan melayangkan memori ke masa-masa seneng sama makanan tertentu dan akhirnya mikir: oo... mungkin badan ini bisa makan ini, atau bisa makan itu. Walhasil minta sama orang rumah atau suami hal yang kita pikir kita bisa makan itu. Ya jadi ngidam tuh gitu menurut saya: kepingin sesuatu yang kita pikir bisa diterima tubuh pas hamil.

Alhamdulillah waktu hamil kuat nyobain puasa Ramadan juga walau kayaknya hal itu bikin janin kurang BB. Untung dokter Mira santai cuma bilang: "Coba diselang-selingi ada hari yang nggak puasa dalam seminggu ya". Akhirnya saya bikin pola kalau hari Selasa dan Kamis tidak puasa.

Selesai lebaran (yang mana jatah kontrol sudah 2 minggu sekali) saya kontrol lagi dengan BB janin 1,9 kg yang harusnya sudah sekitar 2,1 kg. Dokter pun memaksa saya makan es krim dan minum susu UHT. Selama 2 minggu saya benar-benar menerapkan itu dan alhamdulillah hasilnya BB janin konsisten naik 500 gram sekali kontrol. Oia, di bulan ke-tujuh dan ke-delapan dokter Mira sempet bilang: kayaknya bisa normal nih kistanya nggak keliatan lagi. Waaahhh serius nih? Alhamdulillah seneng sekaligus deg-degan dengernya karena setelah pengalaman operasi kista sepertinya lebih siap mengalami pembelekan perut daripada lahiran normal. Hahahaha...

Di bulan ke-delapan saya melakukan hal yang BODOH BANGET yaitu membiarkan cincin di jari manis saya tetap ada di sana. Serius deh, di bulan ketujuh itu cincin masih saya main-mainin keluar masuk jari eh dengan magic nya body megar tiada terkira, lengkap dengan hidung yang ikut-ikutan megar dibarengi dengan tangan dan kaki yang membengkak. Walhasil itu cincin terperangkap sempurna di sana.

Berbagai upaya sudah saya lakukan apalagi sudah masuk bulan ke sembilan. Hikkksss... Pake sabun, lotion, minyak, keluarin pake benang...nggak ada yang bisa bikin itu cincin keluar dari jari manis saya. Saya bahkan sudah pergi ke tukang perhiasan untuk meminta digergaji pake alat khusus, hasilnya nihil. Kenapa? Karena material cincin saya itu bukan emas tapi stainless steel macem sendok. Kan... bodoh kan saya... Waktu itu beli cincin itu pastinya murah cuma sebagai penanda sudah menikah (gaya-gayaan sih) karena saya dan suami memutuskan nggak membeli cincin serius untuk pernikahan. Dua minggu jelang HPL kondisi belum jelas karena dokter Mira bilang akan lihat perkembangan apakah bisa normal, harus induksi atau mesti caesar. Nah... kalo mesti caesar kan apa kabar ya itu jari ada cincinnya. Saya sempat foto kondisi jari saya dan mengirim fotonya ke om yang kebetulan dokter bedah, kata om: segera ke dokter bedah ortopedi, dokternya punya alat buat mutusin cincin. Jreeenggg....


si stainless steel yang sukses terjebak bikin darah nggak lancar
Tiba saatnya kontrol, saat itu saya sendiri karena suami masih di jalan dan dokter Mira juga belum datang. Isenglah saya bertanya ke bagian informasi: "Mbak kalau dokter bedahnya lagi ada nggak?" dan ternyata ada lah itu namanya dr Budhi Arifin Noor, SpB. Ya sudahlah ya daripada lama nunggu dokter Mira saya coba konsul dokter bedah dulu buat beresin si cincin. Setelah mbak-mbak informasi bertanya dan ngilu dengan kasus saya langsung lah saya disuruh masuk ke ruangan dokter Budhi yang sudah memasuki jam-jam terakhir jadwal praktiknya.

Di dalam ruang praktik
Dokter : Mbak... ini kita coba pake gel dulu
Saya : Iya... coba aja dok, saya udah hopeless, semoga sih bisa
daannn.... bener lah ya nggak gerak itu cincin

Dokter : Mbak... ini mesti tindakan ring entrapment deh
Saya : Hah? Ditindak tuh maksudnya gimana?
Dokter : Ya diambil mbak cincinnya dipatahin pake tang

Well... nice....

Akhirnya saya disuruh berbaring. Man, sumpah horor banget di ruang bedah ketemu banyak tang dan tangan lu dalam kondisi gak bener.

Dokter : Mbak... lahiran kapan?
Saya : Sekitar dua minggu lagi dok
Dokter : Oo... sebentar lagi ya berarti, jadi saya nggak bisa kasih bius
Saya : (what??? pasti sakit nih)

Dokter pun memanggil dua perawat untuk membantu.
Dokter : Kak, ambilin tang-nya
Perawat : Ini dok
Dokter : Pegangin tangan mbaknya
Dokter : Mbak... ini agak sakit ya nanti kalau sakit banget bilang ya. Maaf ya mbak
Daaannn..... sakit bangetttt sodara-sodara itu waktu tang-nya dimasukin ke sela-sela jari dan cincin. Lihat aja itu gambar jarak cincin dan jari cuma segitu. Ya Allah... istighfar terus lah ya
Saya : Dok.... sakit...sakit... udah (saya pun tak kuasa teriak karena tang yang menekan kencang tulang jari saya)

Dokter: Kak... tangnya nggak kuat (seru dokter ke perawat), cincinnya nggak mau kepotong
Saya : (what??? jari gw udah sakit banget, sampe gw menitikkan air mata dan nggak kepotong juga?)
Dokter: Kak, itu lho minta ke UGD bilang: tang gila... tang gila gitu, tang yang paling gede
Saya : (ah gilaaa... gw juga lama-lama gila ini sakit banget)
Dan terjadilah adegan yang serupa dengan adegan pertama, hanya saja dengan ukuran tang yang lebih besar.

Dokter : Mbak yuk bismillah ya... Bismillahirrahmanirrahiiiimmm...
Klik... cincin pun terpotong. Putus? Belooommm sodara-sodara baru ujungnya.
Dokter : Maaf ya mbak, ini saya potong dari atas, ini udah kebuka kok dari bawah
Saya : (ngapain dah lu minta maaf mulu dok gue udah nggak peduli, buruan kelar aja sakit banget)
Dokter dan perawat : ayo mbak... tarik nafas.... bismillahirrahmanirrahiiimmm
Klik (again)....
Dokter dan perawat : alhamdulillah mbak... putus juga cincinnya

Udah kelar? Belooommm.... stainless steel kan kuat ya jadi cincinnya harus dibuka biar bisa keluar dari jari.
Dokter : sedikit lagi kok mbak tinggal dibuka. Kak, ambilin yang kecil buat ngebuka
auk ah... sakit kesekian yang saya rasain tapi akhirnya selesai juga urusan cincin dengan sisa baret-baret darah.

yow... si jari gendut sudah bebas dari cincin
Alhamdulillah setidaknya nanti kalau dengar keputusan dokter Mira dan mesti operasi ini jari udah bebas dari cincin.

Trus saatnya bayar dong ya... Jreeeenggg... habis Rp. 1.324.900 aja dong ya. Padahal beli cincinnya nggak nyampe Rp. 200.000 karena emang buat main-main. Hiiikkssss

3 comments:

poedjie said...

mbak ied.... antara miris dan senyum2 sendiri soal cincin... Maaph *sungkem....
aku dari awal hamil nggak betah pake aksesoris... kalung, cincing, gelang lepas semua... tinggal jam tangan doang.....
aku pun sempet turun berat badannya 2,5 kg... sekarang udah naik lagi dan cepet bener naiknya, hiks...
doakan aku.....

ied said...

Akkkk Pujiiii... sehat-sehat dan lancar-lancar sampe saatnya lahiran ya. Happy ya Jiiii

cKAja said...

alhamdulillah untungnya itu cincin bisa dicabut ya mba. saya yang bacanya aja ikutan ngilu