Monday, February 4, 2013

Sweetest Thing in January: Suddenly Middle East (Part 2- Madinah Session)

Madinah Al Munawarah...
Jam 8 teng, udah kece. Udah mandi, udah wangi, udah sarapan dan duduk manis di dalam bus. Yang lupaaa... wudhu. Hahahaha... dudul emang. Akhirnya saya dan roommate lari-lari ke kamar mandi terdekat buat wudhu. Eh, sebelumnya kenalkan roommate saya yang kece, Mbak Sita. Ibu Sita sih sebenernya, sok muda aja dia:p. Yang jelas dia adalah soul-mate saya selama perjalanan ini. Multifungsi banget, kadang jadi teman, kadang jadi kakak, kadang jadi ibu. My four thumbs up for her :* 

Mbak Sita, Roommate kece nan gesit #eaaaaa

Balik ke cerita. Kenapa harus wudhu, karena mau sholat dhuha di Masjid Quba. Keutamaan sholat di situ, pahalanya seperti melakukan ibadah umroh. Nah, dalam perjalanan ke Masjid Quba, kami melewati beberapa masjid bersejarah yaitu Masjid Ijabah dimana 2 doa Rasul terkabul sementara 1 tidak, Masjid Bilal di Qurban District, dan Masjid Jumuah dimana Rasul sholat Jumat pertama di Madinah. 

Masjid Quba

Pose depan pu'un korma ya
Sampai di sana, kami sholat tahiyatul masjid plus 2 rokaat dhuha, foto-foto sebentar dan lanjut lagi ke Kebun Kurma. Di sana beli-beli sedikit kurma dan coklat trus lanjut ke Percetakan Al Quran trus ke Bukit Uhud. Mataharinya lagi semarak cyiiin, jadi cuma turun sebentar aja dari bus, foto-foto dan dengerin cerita perangnya di dalam bus ber-AC. Jadi, di Jabal Uhud ini Rasul kehilangan 70 sahabat terbaiknya termasuk si tampan nan dermawan Mushab bin Umair (yang dikira Rasul oleh kaum quraisy) dan paman Rasul, Hamzah bin Abdul Muthalib. 

Bukit Uhud

Sejarah Perang Uhud
Nggak kerasa, waktu udah mau dzuhur aja, kami pun kembali ke hotel untuk siap-siap sholat. Malam harinya selepas Isya dan makan malam (iya, makan malamnya abis isya aja dong) ajakan untuk 'ibadah menantang' pun datang. Ngapain? "Ayo, kita ke raudoh!" Saya dan roommate cuma celingak-celinguk. "Apaan tuh?". Emang sih, di kebetan dari Bapak saya ada tuh kata-kata: jangan lupa doain di raudoh. Tapi, saya kan emang suka nggak fokus ya kalo dijelasin.

Jadi, raudoh ini artinya taman surga. Letaknya di antara mimbar dengan makam Rasulullah saw. Merupakan sebuah tempat dimana doa yang dipanjatkan tidak akan tertolak. Bersihin aja hatinya dan jangan lupa wudhu karena kalau bisa, sholat 2 rokaat dan doa yang banyak. Mulai kebayanglah... pasti rame ceu. 

Nah, jam 9 lewat dikit waktu sono, kami ber-10 (tiba-tiba banyak) berjalan kaki ke Masjid Nabawi dan masuk lebih jauh ke dalam untuk ke raudoh. Pimpinan geng malam itu adalah Bu Ana (yang baru aja jadi artis banjir, secara doi ini Kepsek SMA 8 Jakarta yang minggu lalunya aja masih kelelep) yang kasih instruksi buat muka-muka polos planga plongo macem saya ini untuk jalan ke kanan, belok ke kiri, pegangan kuat jangan lepas, dan JANGAN LUPA KALO NANTI UDAH DI KARPET HIJAU MULAI DOA, jangan malah ngelayanin mereka yang ajak adu fisik.

Eh, emang segitunya apa? Ternyata iya lho sodara-sodara. Masuknya antre. Tapi kata Bu Ana, ini adalah MILIK, karena biasanya antre sebelum disuruh masuknya aja bisa sampe 2 jam sementara total kami hotel-masjid-hotel alhamdulillah 1 jam saja.

Jadi ya, mau masuk raudoh ini, yang muka-muka Melayu itu antriannya beda sama yang muka-muka Arab. Diskriminasi? Ah, kalo liat ukuran badan sih malah alhamdulillah, emang baeknya jangan disatuin. Ya tapi, pas di dalem mah tetep aja sodara-sodara, arus manusianya kuat banget. Emang mesti pegangan biar nggak kepisah. 

Banyak banget oraaannngg... Saat itulah saya berpikir 'ada gunanya juga tiap hari gw umpek-umpekan naik kereta. Kuda-kuda dan daya juang lumayan tinggi lah. Semangaaatttt!!! (heroik mendadak).' 

Jadi, saya dan teman-teman pegangan tangan yang kuat yang pada akhirnya kepisah-pisah juga saking padatnya raudoh. Tapi kami sudah janjian di pintu keluar. Nah, di dalam raudoh ini (jadi masjid Nabawi itu kan karpetnya warna merah, area raudoh itu ditandai karpet hijau), mulai lah masing-masing khusyuk memanjatkan doa-doa terbaiknya. Nggak tau kenapa, otomatis mewek aja saya. Ketika akhirnya bisa sholat 2 rokaat walaupun dengan kondisi minimalis, yang keucap cuma bisa syukur alhamdulillah. Setelah selesai, keluarlah kami, lagi-lagi dengan penuh perjuangan. Tapi, tetep, ini judulnya dimudahkan. Hamdallah....

Apa kapok? Nggak! Besoknya nyoba lagi ke raudoh dong abis dhuha. Oh iya, raudoh kalau untuk perempuan dibukanya biasanya jam 8 atau 9 pagi, abis dzuhur dan setelah isya. Kalau laki-laki sih bisa kapan aja asal nggak waktu sholat. Lalu, lalu ya, tanpa sadar, upaya kedua ini kami lakukan pas maulid nabi, 12 rabiul awal. Aha! Makin penuh lah sodara-sodara. Sekilas iseng gitu ngomong dalam hati "Selamat ulang tahun ya Rasul. Seneng ih bisa di sini." (Ya Rasul nggak ngerayain ultah kaliiiiii... yang ada abis itu istighfar sendiri) #selftoyor.

Kali ini antrenya lebih lama dan lebih dramatis. Seperti layaknya bangsa Melayu yang berkepribadian santun kan ya (aheeeyyy), nih orang Indonesia sama Malaysia diselak melulu sama bangsa yang lebih gede. Jadilah, yang harusnya antre dalam posisi duduk berubah menjadi berdiri tegang. Penjaga raudoh sampe teriak-teriak "Ibu duduk, ibu duduk" (silahkan bayangkan orang Arab ngomong bahasa Indonesia). Agak rusuh sih. Kasian liat yang udah simbah-simbah gitu. Tapi karena pada dasarnya mau ibadah, ya pada berdoa aja semua. Akhirnya satu per satu bisa masuk dan sholat juga. 

Di sini banyak hal bisa dipelajari terutama soal kesetiakawanan, rela berkorban, saling menjaga, ikhlas dan pasrah. Utamanya: SABAR. 

Pulang dari raudoh, katanya sore harinya Ustadz minta semua kumpul. Ternyata mau jalan kaki ke Museum Sejarah Masjid Nabawi. Horeeee.... Pulang dari museum, trus pesen Al-Baik sama tim Arab dan dianterin abis Isya. Seneng.... Oia, Al-Baik itu fast food nya orang Arab. Bumbu mayonnaise campur garlic-nya (katanya namanya tum) bikin nagih. Porsinya? Nggak usah tanya. Arabbb gituuu... Yummy definitely!



Keesokan harinya, sudah hari Jumat. Nggak kerasa menjadi hari terakhir di Madinah. Eh sedih dong. Daya tarik Rasul ternyata begitu besar. Rasanya patah hati mesti ninggalin kota ini. Tapi harus semangat, kan mau umrohnya di Mekah. Pasti pesona spiritualnya juga gede. 

I'll see you again beautiful Holy Mosque
Setelah sholat Jumat, dengan bus, rombongan meninggalkan Madinah sudah mandi bersih, pake pakaian ihrom dan siap menuju Mekah Al Mukaromah. Bismillah...

No comments: