Monday, January 2, 2012

A Piece of Solo Trip: Magelang-Semarang

Ceritanya mau cari pengalaman manis eh berakhir deg-deg-an. Padahal ini perjalanan singkat aja kok, cuma Jogja-Magelang-Semarang yang jaraknya nggak jauh-jauh amat.

Saya naik bus eksekutif dari Jogja ke Magelang untuk bertemu Fany, teman dekat masa 'kerja' di kampus, yang sekarang menetap di Magelang karena dinas di Pemkot sana.

Di dalam bus, saya duduk bersebelahan dengan seorang laki-laki. Ngarep banget dong bakal ada pembicaraan hebat macem #Before Sunrise. Sebuah pemikiran yang sungguh geblek karena percakapan basa-basi yang awalnya asik berubah jadi menyeramkan dan mengesalkan.


Mas-mas: Mbak kan belum pernah naik bus dari Magelang ke Semarang. Saya temenin ya. Saya lagi santai kok, beneran nggak keberatan.

Saya: (panjang amat ya nawarinnya. Lalu mulai berpikir antara ingin berpetualang dengan orang baru tapi mindset udah keburu 'Jakarta' yang selalu mikir horor dan akhirnyaa....) Saya biasa sendiri kok mas, nggak apa-apa. Nanti kasih tau ancer-ancer-nya aja saya turun di mana.

Mas-mas: Nanti mbaknya nyasar lagi, kalau ada saya nanti kan bisa barengan naik bus atau travel. Nanti pas mbaknya ngobrol sama temennya ya saya kan sekalian bisa nambah temen baru juga. Ya, tapi kalau mbaknya berkenan ya.

Saya: (kenapa jadi kayak maksa dan nyeremin gini). Saya-nya nggak berkenan mas. Emang judulnya solo trip kok, jadi mau sendirian jalannya.

Mas-mas: Ya udah kalau gitu simpen nomer saya ya mbak, siapa tau nanti di Semarang butuh teman jalan.

Saya: Oh, iya.... (lalu terjadilah pertukaran nomer telepon yang sumpah sebenarnya nggak rela)

Untunglah
the one and only mall-nya Magelang ARTOS alias Armada Town Square-nya sudah nampak. Turunlah saya dari bus tanpa menoleh. Alhamdulillah...ketemu Fany...

Daaannn... jauh-jauh ke Magelang, nongkrong-nya di JCo juga. Payah... Tapi seneng beneran karena bisa bertukar kabar dan pastinya saling menyemangati. Ini yang saya selalu suka dari bertemu teman lama. Makasih Fany buat dengerin ocehan ngawur saya sore hari dan masukan-masukan berartinya.
Fany and me at JCo ARTOS

Fany pastinya antusias cerita hidupnya dia sebagai PNS di Magelang. Gimana kinerja rekan kerjanya, gimana nyinyir-nya para senior dan orang yang nggak mau kenal tapi sok-sok nge-judge. Plus, 'unik'-nya orang Magelang yang baru punya mall.
We really had fun having such conversation. Just to know that we are never alone facing those kind of cliche things.

Selepas sholat ashar, saya bergegas mencari bus ke Semarang. Entah karena didoain si mas-mas aneh tadi atau gimana, rasanya susaaahhhh banget nyari bus ke Semarang. Gerimisnya manteb pula lagi. Tapi hari itu memang malam minggu sih. Akhirnya Fany dengan susah payah nganterin saya ke terminal Magelang dong.
Thanks again to Fany and Mas Dodo, her husband.

So, here I was... Terminal Magelang, waiting for the economic bus to take me to Semarang, while raining

Ternyata, kutukan si mas-mas aneh itu belum berakhir. Setengah jam saya naik bus seharga Rp.11 ribu itu, bus-nya mogok. Saya terpaksa 'dioper' ke bus lain.

Kondektur bus ke-2: Ini bukan bus operan ya. Kalau mau naik bus ini mesti bayar lagi.
Saya: berapa bayarnya?
Kondektur bus ke-2: 10 ribu
Saya: ya elah... hayu deh (langsung duduk - nggak pake manis)

Sisa perjalanan saya pun dihabiskan dengan duduk-nggak pake manis, sambil menutup hidung (karena banyak penumpang yang merokok), kepala pusing (karena sepanjang jalan cuma ada lagu 'Alamat Palsu' dan 'Hamil 3 Bulan'), dan dzikir karena tiba-tiba nyali agak ciut... Ya Allah...agak kapok nih....

2 comments:

Baju Anak Branded Magelang said...

Yaahhh kapok ya ied?? Maap yaa cuma bisa mengajakmu ktemuan di Jco, yg mana sudah sgt menjamur di Jkt, hehee.. Tapi itu sumpee demi kebaekan lo Ied, klo lo gw ajak ke ruma gw, gw jamin lo bakal lebih kesulitan nyari bus ke semarang karena mesti ngangkot2 dulu, huhuu.. But overall seneng yaa bisa ktemu, meskipun dalam waktu yg amat singkat, setidaknya uda sempet saling berbagi derita, eh cerita :D :D :D
C u next time ya, Ied.. take care n keep contact always!! Muachh *hugs*

ied said...

Agak kecut aja nyali gw. Kata temen-temen gw yang denger cerita gw sih: "jangan kapok dong". Harus semangat melihat dunia. *tsaaahhh....

Thanks anyway ya Fan... Iya seneng banget lho. Kamu jaga kesehatan ya. Will keep in touch with you for sure:*