Monday, May 5, 2014

April Trip Part 2: KL-Hatyai-Krabi

Setelah melewatkan waktu sehari pusing-pusing di KL dan Putrajaya, saat nya meneruskan perjalanan malam ke Hatyai. Estimasi waktu perjalanan sekitar 8 jam. Saya dan Alif sudah siap di Puduraya dari jam 21:30 setelah sebelumnya kami jajan air mata kucing di Petaling Street dan Alif iseng beli kalung koin di Central Market (Pasar Seni). Kebetulan pas di Pasar Seni lagi ada pertunjukan tari gitu. Bagus, tapi udah pengen buru-buru ke terminalnya.

Pertunjukan tari di Pasar Seni

Sebetulnya, sebelum masuk ke dalam Puduraya, kami melihat si double decker nangkring di halamannya, tapi nggak yakin kalau itu bus kami. Busnya sendiri kan baru akan berangkat jam 22:30. Akhirnya kami masuk aja ke dalam UTC Puduraya-nya.

Pusat Transportasi Bandar Kuala Lumpur, Puduraya

Drama kelaperan membawa kami ke Marrybrown di lantai 2. Alif makan burger aja sementara dengan rakusnya saya makan Nasi Marrybrown yang aduuuh enak banget saladnya (FYI, pesen menu ini di airport gak ada saladnya, cuma dikasih irisan timun dengan harga lebih mahal pun -__-).

Selesai makan, kami bergegas ke Platform 15 tempat menunggu keberangkatan. Tapiiii, nggak ada tanda-tanda orang nunggu-nunggu bus. Celingak-celinguk bingung, turun naik ke basement-nya, makin bingung. Akhirnya pasrah aja nunggu duduk di depan platform-nya. Pengen nanya ke cowok Melayu yang keliatan cool di sebelah, eh dia asik sama gadgetnya. Alif juga udah keliatan capek, males nanya. Tiba-tiba datang abang-abang, teriak "Hat Yai, Hat Yai", ya udah kita ikutin. Si cowok bergadget tadi tiba-tiba nanya saya "Are you going to Hatyai?" Dari satu pertanyaan itu eh malah saya bisa ngobrol macem-macem sama dia. Orangnya supel banget ternyata.

Bus Alisan mejeng depan Terminal Puduraya

Kami bertiga mengikuti si abang-abang itu yang ternyata, bener kaaan, balik ke depan Puduraya ke tempat double decker yang tadi kami lihat. Ternyata ini toh bus yang akan membawa kami ke Hatyai. Busnya enak banget, begitu masuk sudah ada sepasang bule ganteng sama cantik, eh tapi terus mereka pindah ke atas digantikan 3 lelaki berdarah India. Saya dan Alif duduk paling belakang di bawah, sementara si mas gadget yang supel tadi dapat tempat di atas.

Tepat pukul 22:30, bus berjalan meninggalkan Puduraya. Saya agak norak nih naik bus bagus begini. Semuanya pake tombol, gak ada adegan tarik-tarik tuas kalau mau mengatur kursi atau sandaran kaki. Nyaman bangeettt... 

Like a Boss lah ini dalemnya bus

Norak berikutnya adalah kedinginan. Sempet baca blog orang, katanya dikasih selimut, katanya ada colokan, katanya ada wifi. Colokan udah nemu, lumayan ngecharge power bank sama hape. Aman lah. Wifi mana ini? Nanya pak sopir ternyata kesamber petir. Pak suami rada rempong dengan janji-janji si bus ini. Masih berharap kali tiba-tiba wifi nya bisa. Saya sih santai aja. Malah kadang kalo liburan pengen banget nemu sign board kayak gini:
gambar di ambil dari sini

kecuali pas udah di tempat istirahat ya. Kalo ini baru saya pengen banget nemu wifi. Ngomongin soal selimut, ternyata emang harus minta sama pak sopir baru dikasih. Tapi enaknya naik Alisan ini, kartu imigrasi kita diurusin eh diketikin malahan.

Sekitaran waktu subuh, kami tiba di Bukit Kayu Hitam, Kedah, untuk pemeriksaan imigrasi di perbatasan Malaysia dan Thailand. Setelah pemeriksaan paspor yang alhamdulillah cuma sebentar, perjalanan dilanjutkan kembali. Tidak berapa lama, kami tiba di Sadao, checkpoint-nya Thailand selatan. Masuk Thailand di sini lumayan lama antrinya. Tapi lancar sih, cuma Alif aja sempet keder difoto pas pemeriksaan paspor. Btw, akhirnya kami kenalan secara formal sama si mas gadget. Namanya Amirul yang akhirnya jadi teman perjalanan kami ke Krabi. 

Pas di tempat peristirahatan sempat ngobrol sama si bule ganteng (yang ketemu di awal mau naik bus). Ternyata dia New Yorkers aja gitu dan sedang mengajar Bahasa Inggris di Hatyai. Yang pentingnya, dia sudah pernah ke Krabi dan berjanji akan menunjukkan saya dan Alif bus menuju ke Krabi dari Hatyai supaya nggak ditipu. Yeay alhamdulillah...

Matahari sudah mulai bersinar terik ketika kami melihat mall besar di tengah kota Hatyai. Ah, pasti sebentar lagi sampai terminal bus, pikir saya. Untungnya benar, secara udah nggak sabar aja pengen menjelajah Thailand lagi. Begitu tiba di terminal bus, bener dong Om dan Tante New York bantuin nyari bus buat saya, Alif dan Amirul. "Pay inside. Sit at the front, not at the back, be careful okay," kata si tante cantik. Duh perhatian banget mereka. Kami pun berpisah di terminal ini. 

Penampakan Amirul di bus menuju Krabi

Pas dibilang bayar di dalam bus, sempat ngeri juga sih, ini kalau harganya dinaik-naikin gimana ya? Pas browsing sih katanya harga sekitar 200-an. Tapi saya udah 'kunci harga' duluan sebelum naik. Katanya sih THB 191 (kurs-nya Rp. 360, jadi gak sampai Rp. 70.000 per orang). Bus nya tinggi, tapi bukan double decker, bagasi bawahnya bisa buat nyimpen macem-macem termasuk sepeda motor. Iyaaaaa, ada yang bawa sepeda motor kakaaakk... Yuk lah, mari...

Awal-awal perjalanan semangat banget. Berangkat dari terminal bus pukul 08:50. Sepanjang perjalanan macem lagi di jalan tol kalau mau ke Serang-Cilegon gitu nuansanya. Begitu aja terus berjam-jam sampai bosan sendiri. Sempat berhenti sebentar untuk makan siang di rest area. Iya, ada istirahat makannya, berarti udah lama aja di dalam bus. Di rest area Alif sama Amirul pesen mie, saya makan nasi pake semacem asam pedas, yang pedasnya pake bangetttt. Ini orang Thai nggak ada pelit-pelitnya sama bumbu.

Perjalanan berlanjut. Mulai pedes juga badan saya. Udah 4 jam kok nggak nyampe-nyampe. Katanya sekitar segitu waktunya. Ah tapi nikmati saja lah, emang busnya juga pelan jalannya. Lagian murah juga :D

Nah, setelah lebih dari 5 jam perjalanan, hampir ke 6 sih, akhirnya nampak juga itu terminal bus tujuan. Kerjaan berikutnya adalah, nanya orang-orang (yang susah bahasa Inggris ini) letak Krabi Town dan penginapan kami. "Here, 300 baht my taxi," kata abang-abang sana. Sementara tukang ojek menawarkan THB 60 dan si Amirul langsung cus aja dia ngibrit naik ojek sambil nyari penginapannya dia. Saya sama Alif bingung, maunya kan berdua, masa pake ojek juga? Tapi taksi kok parah gitu sih harganya? Feeling saya soalnya, terminal sama Krabi Town ini gak jauh. Saya cuek dong sama bang taksi yang terus ngikutin kami. Saya liat ada tuk-tuk yang sudah berpenumpang. Saya sodorkan alamat hotel dan si sopir paham, dia sebut harga, "70 for 2". Yes, aman. Mari naik tuk tuk!

Di dalam tuk tuk, setelah 15 jam-an, sampai juga di Krabi Town. Karena kami bukan pemain sinetron, wajarlah ya kumel :D

Sepanjang perjalanan menuju Krabi Town (yang emang gak jauh), kami ngobrol seadanya dengan para penumpang. Begitu melihat pemandangan Khao Khanap Nam, saya sadar, alhamdulillah beneran nyampe Krabi Town. Perhatian Alif lebih tertuju ke Patung Kepiting dan Burung Elang eh apa Garuda ya? Ya itulah pokoknya. Intinya, kami ada di jalan yang benar. Tsaaahhh...

Kepiting yang latarnya Khao Khanap Nam

Nok Awk, Nol Kilometernya Krabi Town

Sebentar setelahnya, supir menurunkan kami di sebuah jalanan mirip pasar. Kata ibu-ibu di samping saya, hotelnya ada di dalam. Okay, here we go. Saya dan Alif semangat banget pengen cepet-cepet sampai hotel. Panas cyin jalanan Krabi siang bolong itu. Dan, langsung bahagia begitu liat tulisan 'Orange Tree House'.

Tempat nginep kami
Kami masuk ke hotel, membereskan administrasi untuk 2 malam seharga THB 1800 (semalam berarti Rp. 324.000). Resepsionis langsung inisiatif melihat ada 2 orang asing di depannya. "I need to know where you're going tomorrow because I'm offering tour," katanya. Saya langsung nyeletuk dong, "Phi Phi tour". Si resepsionis mengeluarkan brosur dan menunjukkan harga THB 1800 (seharga hotel 2 malam, ogaaahhh). Pastinya lah langsung Alif teriak 'EXPENSIVE!'. Si resepsionis mengeluarkan kalkulator "I give you discount" dan mengetik angka 1200 (ih jauh aje dia turunnya, berarti bisa turun lagi nih). Setelah nego, mentoknya di 1100 (yang emang budget saya), tapi kami nggak langsung deal, mau istirahat dulu dan mau survei dulu. Kali aja nemu yang lebih murah.

Masuk ke kamarnya, langsung seneng karena warnanya hijau which is my very favorite color. Simple kamarnya tapi bersih, lantainya kayu dan toiletnya kayak di Jawa pintunya. Tepar lah kami setelah sholat. Bangun-bangun udah magrib.



Our simple room

Selesai beberes kami langsung semangat menikmati Krabi Walking Street tepat di depan hotel kami. Apa itu? Krabi Walking Street itu pasar malam di Krabi Town yang adanya cuma weekend aja. Alhamdulillah banget ini datang pas weekend. Banyak banget jajanan yang bikin bahagia lahir batin, jiwa raga, dan KANTONG! Hehe... Halal, murah, enak, siapa yang nolak?

Krabi Walking Street: mango sticky rice, kelapa muda Thailand yang seger parah, musik tradisional, sushi, trus yang di bambu itu minuman beralkohol (ya gak gw beli lah)

Jajan aja teruuuusss :)

Nyemal nyemil dikit trus jalan-jalan romantis lagi sama Alif, abis itu pengen dong makan rada berat dikit. Alif pengen liat Khao Khanap Nam pas malem, yatapi nggak keliatan dong secara dia penampakan alam gitu kan. Akhirnya kami malah melipir ke tukang martabak (emang niat ini sih). Alif pesen martabak, saya pesen pancake nanas dan minumnya thai tea dingin. Rasanya? Juara! Emang ini orang Krabi kalau masak, nggak pelit bumbu dan bahan. Sekali makan ya sekitar 30.000 an lah berdua. Uniknya nih, kalau di Indonesia minuman gratisnya kan berwujud teh tawar hangat, kalau di sini dapat teh pandan bening (panas banget). Tapi pas aja gitu kalau diminum setelah makan martabak atau pancake. Sedappp!


ITU ENAK BANGET. SEMUANYA *gak santai

Selesai makan, kami janjian ketemu Amirul lagi untuk jalan-jalan lagi mengitari pasar malam depan hotel. Beli es krim kelapa, jajan ayam, foto-foto, liat souvenir dan bantuin saya nyari mango sticky rice yang fenomenal itu. Tapi tiba-tiba kami bubar gara-gara hujan. Saya sama Alif ya ngendon di kamar aja dong, sementara Amirul ngibrit lagi ke Guest House dia yang jaraknya nggak jauh dari hotel kami. Penasaran nggak sih sama si Amirul? Ini dia orangnya...

Who's the girl posing next to u, hey Amirul? :)

Btw, kami akhirnya jadi pake phi phi tour yang dari hotel karena harganya paling murah. Namanya Barracudas Tour. Tour lain nawarinnya mentok di 1400 sih. Okelah, mesti tidur cepet, besok kan mau tour seharian. Tapi, apakah kami beneran tidur cepet? Haha, tunggu cerita berikutnya :D


6 comments:

Unknown said...

baca ini jadi kangen krabi town....

ied said...

Samaaaa Mas

Unknown said...

Kakak...maaf mau tanya...itu 1100 baht utk sewa hotel + tour ke phi phi island kah??...mhn pencerahannyaaa...makasihh yahhh...

ied said...

Haiii... Waktu itu THB 1100 itu cuma unt phi phi tournya aja. Kalo hotel wkt itu semalem THB 900. Kindly check www.barracudastourkrabi.com buat compare harga ya.. Selamat berlibur:)

Unknown said...

Kak, dari KL ke Krabi kira kira berapa jam? Dan brp budget yang dikeluarkan? Terus pulangnya ke Indonesia dari Malaysia atau Thailand? Thxxx

ied said...

Hallo Hikma.... Berhubung waktu itu memang mau ngirit rit, jadinya full PP KL-Krabi itu jalur darat. Pas berangkatnya sekitar 15 jam (KL-Hatyai-Krabi Town) pas pulangnya ke Jakarta sih dari KL. Btw, perjalanan pulang lebih singkat karena naik van ke Hatyai-nya. Krabi Town-Hatyai 3,5 jam. Lanjut bus Hatyai-KL sekitar 10 jam. Tetep lamaaa emang perjalanan sih. Hehehe