Friday, March 23, 2012

Sus Goreng

Katanya sih kue imigran. Saya suka camilan ini karena gampang banget bikinnya dan rasanya juga enak. Siapa pun pasti bisa masaknya. Kalo gagal pun, dijamin masih enak dimakan:). Resep aslinya dari koran Republika lamaaa... ini saya agak modif dikit.

Bahan-Bahannya:
- 250 ml air
- 50 ml minyak goreng (saya pake minyak kurang dari 50 ml trus diganti margarin sedikit)
- Gula 2 sendok makan
- Garam seujung sendok teh
- Tepung terigu 175 gram
- Telur 5 butir
- Rum zero atau vanili


Cara Bikinnya:
- Didihkan campuran air, minyak+margarin, gula, dan garam. Angkat dari api.
- Masukkan tepung terigu lalu masak sebentar di atas api kecil


- Masukkan telur satu per satu sampai adonan tercampur rata dan teksturnya kental. Saya biasanya suka nambahin zero atau bubuk vanili biar adonannya wangi. Kadang-kadang juga improvisasi pake tambahan sukade atau kismis biar berwarna dan ada rasa asem segar.


- Kalau adonan udah jadi, goreng kuning keemasan *tsaahhh... (Kalau mau gampang, pake sendok makan aja. Kalau lagi kreatif saya masukin adonan ke plastik segitiga yang ujungnya udah dikasih cetakan semprit. Tinggal disemprot di wajan deh adonannya).

kok mirip cakwe ya penampakannya?

Penyelesaian:
- Taburi gula halus


- Bisa disajikan dengan coklat leleh juga

looks good, rite?

No comments: