Tuesday, October 18, 2011

Kelas Masak Pertama Saya: Roti Taiwan (1)


Sebelumnya nggak pernah mikir untuk ikutan kursus masak sampai diajak Shima belajar bikin Roti Taiwan di Wina (kursus kue) yang kebetulan lokasinya di Ruko Maharaja, Depok.

Pengajarnya adalah Chef Deni yang bisa dilihat di sini infonya. Asistennya adalah istrinya, Ibu Lili yang selalu manggil suaminya 'ayang', jadi kadang suka bikin saya dan Shima nggak konsen karena pengen manggil seseorang gitu juga. Hehe... #abaikan.

Ok, serius dikit lah Iid...

Well, Roti Taiwan? Info singkat dari Shima: "Itu lho kayak roti boy atau roti-roti bread talk gitu". Oke lah, doyan saya kalo makan yang begitu.

Kata Chef Deni, Roti Taiwan kadang disebut Fusion Bread. Dulu awalnya memang dari Taiwan, terus ke Jepang, Cina, masuk Singapura, trus ke Malaysia lalu ke Indonesia. Karena negara-negara lain bisa bikin roti kayak gitu, akhirnya pada males nyebut 'Taiwan' lebih enak 'Fusion'. Sebenarnya ini adalah roti tingkat lanjut, ada sih kursus resep dasar roti. Tapi, namanya juga random, ya udahlah kali ini tersesat dalam petualangan di dapur pasti menyenangkan juga kok.

3 comments:

YENNY said...

mbak,kenalkan saya yenny didepok, blog saya www.dapuryenny.blogspot.com. kemarin saya juga kursus sama pak deni..jadi pingin ketawa kalo dengan kata "ayang" nya bu lili..he..he...

ied said...

Hallo Mbak Yenny, salam kenal. Iya, lucu banget mereka ya mbak? Hehe... Btw, saya pengen ambil kursus lagi nih yang opera cake. Liat di blog-nya mbak kayaknya asik tuh...

fikrisu said...

nice article, very helpfull & usefull. Info Seputar tips & trik dalam memulai usaha roti/bakery , Klik aja di FIKRI TEKNIK Salam kenal & good luck..........