Thursday, May 23, 2013

Se-PD Macaroni Schotel

Snack andalan saya buat menyenangkan orang-orang terdekat. Macaroni schotel doang padahal. Tapi cinta bener sama makanan satu ini. Kata temen-temen kantor rasanya enak *suwer, testi-nya didapat tanpa saya menodongkan senjata tajam kok ;)*

Bahkan orang yang lagi diet pun bilang: "aku nggak feeling guilty kok makan macaroni yang enak banget itu." *terbang melayang*

Begini doang padahal penampakannya:


Nah, kalau soal resep, sebenernya saya sering coba-coba tapi ternyata yang paling pas, referensi saya dari sini. Cuman karena saya males ribet, jadi begini aja versi saya:

Bahan:
- 250 gr macaroni direbus tambahkan 1 sdm minyak goreng, angkat
- 300 gr daging giling
- 1 bawang bombang
- 2 siung bawang putih
- lada, pala, garam, gula, kaldu sapi secukupnya
- susu cair 800 ml
- telur 5 butir
- tepung terigu 2 sdm
- 350 gr keju (150 gr diparut untuk dicampur, 100 gr potong dadu, 100 gr untuk taburan)

Cara membuat:
- tumis dengan margarin bawang bombay dan bawang putih sampai harum
- masukkan daging giling sampai berubah warna tambahkan lada dan pala (kalo saya banyak nih), garam, gula (paling 2 sdt), kaldu sapi
- masukkan tepung terigu
- masukkan susu cair
- masukkan macaroni rebus lalu keju parut dan keju dadu
- setelah mengental dan tercampur rata matikan api
- masukkan telur
- masukkan loyang atau apapun itu buat manggang, lalu taburi keju parut
- panggang macaroni di suhu 160 derajat sampai matang, kira-kira 50 menit
- jangan lupa makan pake saos

Yang bikin beda resep ini dari resep lainnya, karena kejunya selain diparut juga dipotong-potong dadu. Ini yang bikin rasanya lebih gurih dan orang yang makan juga jadi nemu kejutan menyenangkan dari potongan keju itu.

Ah, jadi semangat masak, kalo yang makan pada doyan :)


2 comments:

poedjie said...

mbak id.... looks yummy....
tahu ga sih aku kan mau comment pake komputer kantor, ga mau tuh, pas diklik "nawala project" yg nongol :(

ied said...

Aku jg mngalami nawala dr kmrn Ji. Sebel ih. Ini br bales pake hp makanya. Hehe.... eh kapan2 yuk tuker hasil dapur :)