Wednesday, July 20, 2011

Cookies, Cookies, Cookies (Kue Semprit)

Wahai para amatir di dapur... Hei, saya nyari temen nih...

Untuk beberapa entri ke depan saya mau berbagi resep yang diambil dari coret-coretan tangan temennya ibu saya dan dari majalah jaman dulu (tahun '80-an). Buat pemula, resep-resep ini gampang banget dipraktikkan dengan hasil yang pastinya membanggakan buat kita-kita ini.

Kalau di resep ditulisnya Jelly Cookies. Berhubung nggak pakai jelly, saya ubah aja jadi kue semprit. Mau dibilang kue bunga juga nggak apa-apa. Nih fotonya...



Gimana mulainya?
Ini dia...

Bahan-bahannya:
200 gr gula halus 300 gr margarin (kalau ada mentega atau mau dicampur antara margarin dan mentega juga nggak apa-apa)
2 butir kuning telur
1 sdm susu kental manis putih
350 gr tepung terigu
80 gr tepung maizena
Hiasan: Buah ceri secukupnya (potong kecil-kecil buat hiasan) atau sukade, coklat blok juga boleh, keju dipotong-potong juga bisa (sesuai selera pokoknya)

Cara membuat:
- Gula halus dan margarin dikocok pake mixer sampai berwarna putih
- Masukkan kuning telur satu per satu - Masukkan susu kental manis
- Masukkan campuran tepung terigu dan maizena, campur sampai adonan enak buat dicetak
- Cetak pake cetakan semprit bunga atau cetakan semprit model lain, lalu dihias*.
- Panggang adonan selama 20 menit-an dalam suhu 180 derajat

*Kalau pake coklat blok hiasnya setelah kue dipanggang ya. Tim dulu coklat blok-nya baru ditaro di atas kue.

Selamat memcoba ya... Sekian dan terima kasih:)


3 comments:

Anonymous said...

Aaah mau coba! Tapi takut gagal :| *suka masak pake feeling sih, ga ditakar* Huhu..

Gadis Ranty said...

hmm..pasti awal2 nyoba, tangan gue akn gemeteran gak kejuntrungan deh..;p hehe

btw, ada preferensi oven khusus gak yang dipakai?

ied said...

Guys maaf, wifi kantor baru jalan lagi dong *alesan

@Amiko: itu kan patokan resep ya, aslinya mah gw modif-modif se-suka hati gw. hohoho...

@Gadis: Halah, ini gampang kok. Nggak mungkin gemeteran. Kalo masalah oven ya sepunya lo aja. Tapi oven ya bukan microwave.

Selamat mencoba. Nanti saya posting yang gampang-gampang lagi. hehehe...